Kamis, 09 Februari 2012

SEJARAH PULAU MAYA KARIMATA (KKU) KAL-BAR

Menurut keterangan mantan kepala desa tanjung satai kecamatan pulau maya karimata kabupaten kayong utara. Hasan basri, desa tanjung berawal dari tahun 1801.Seorang nahkoda kapal bernama Ayuk Sa’ban dan beberapa orang anak laki-laki nya bersampan menyusuri pantai dari kuala nipah kuning teluk melano. Mereka berlayar menuju selatan pulau maya karimata.dengan keberanian yang kuat sampai lah mereka ke teluk sukun. Namun, saat iu Ayuk sa’ban tidakmenetap melainkan pulang lagi ke nipah kuning. Baru lah sekitar 1815-1816, Ayuk sa’ban berniat mendirikan sebuah perkampungan di dekat gunung satai, dengan berawal menebang kayu sekligus berkebun.
            Sekitar 1817 baru lah Ayuk sa’ban membawa anak dan istriya menetp di tanjung satai. Awal nya yang mereka diri kan adalah sebuah masjid yang di kenal dengan nama masjid BABURRAHMAN, yang terletak di desa suka baru desa satai lestari. Ayuk sa’ban mempunyai 12 anak, terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Seiring pendirian kampung oleh Ayuk sa’ban,   banyak orang-orang mulai berdatangan ke tanjung satai, bahkan dari kampung Temiang galang. Temiang galang adalah sbuah perkampungan di sulawesi selatan yang terkenal dengan perampok, dan tak heran masyrakat menyebutnya kampung lanon.
            Ayuk sa’ban memiliki keluarga yang besar dan menyebar lah anak dan menantu nya di pulau maya karimata. Mereka pun mendirikan perkampungan sendiri seperti: Parit limau manis dan desa pintau. Perkampungan tersebut di buka dan resmikan oleh anak bungsu nya Dereman. Sementara Parit kali 1 dan Parit timur oleh bujang sengat, sementara untuk desa kamoja oleh madjan sekitar tahun 1925.
            Tahun 1968 Tanjung satai menjadi ibu kota kecamatan di bawah pemerintahan kabupaten ketapang dan akhir nya pada tahun 2007 tergabung di bawah kabupaten kayong utara dan kini Tanjung satai sudah berkembang dengan jumlah penduduk mencapai 2.194 jiwa dan mayoritas beragama islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar